Selasa, 21 Februari 2017

Mengenal Bootstrap

Assalamulaikum Wr.Wb


Kalau pada postingan saya yang sebelumnya banyak membahas mengenai tutorial tutorial HTML dan Css,pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas tentang apa itu Bootstrap.
  • Latar Belakang
Kebutuhan akan website sekarang ini sudah sangat banyak,dengan adanya bootstrap bisa mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan tampilan website.Dengan adanya postingan ini dan postingan selanjutnya tentang bootstrap di harapkan bisa di jadikan sebagai pembelajaran kita semua termasuk saya sendiri.
  • Pengertian

Bootstrap adalah sebuah alat bantu untuk membuat sebuah tampilan halaman web  yang dapat mempercepat pekerjaan seorang pengembang website ataupun pendesain halaman website. Bootstrap dibangun dengan teknologi HTML dan CSS yang dapat membuat layout halaman website, tabel, tombol, form, navigasi, dan komponen lainnya dalam sebuah website hanya dengan memanggil fungsi Css (clas) dalam berkas HTML yang Telah didefinisikan. Selain itu juga terdapat komponen-komponen lainnya yang dibangun menggunakan JavaScript.

Dengan kata lain Bootstrap Adalah kumpulan style siap pakai,Jadi jika teman teman ingin membuat tampilan web dengan menggunakan bootstrap maka teman - teman tidak perlu repot - repot membuat style dari awal karena di Bootstrap sudah menyediakan itu.

Berikut keunggulan Bootstrap
  • Estimasi waktu sedikit lebih cepat. Karena elemen-elemen yang biasa ada dalam sebuah website pada umumnya sudah dibuatkan class-nya oleh bootstrap ini, jadi kita tinggal memanggilnya dalam theme.
  • Terlihat lebih rapi untuk tampilan template bootstrap. Mungkin ini akan sedikit relatif, karena kebiasaan disetiap masing-masing developer membuat coding pasti berbeda-beda. Namun pada dasarnya karena bootstrap sudah terstruktur, untuk modifikasi class dan penambahan class memang sebaiknya mempertahankan kerapihan kode yang sudah ada lebih dulu.
  • Template yang menggunakan Bootstrap juga tampak lebih ringan.
  • Alat Dan Bahan
  1. Software Text - editor(notepad++,sublime)
  2. File bootstrap  
  • Tahap Penyelesaian
  1. Download dulu Bootstrapnya,kunjungi getbootstrap.com/ 
  2. Setelah itu ekstrak Bootstrapnya
  3. Jika sudah di ekstrak coba buat halaman (HTML) baru dan simpan pada file Bootstrap yang telah di ekstrak tadi.
  4. Masukkan tag dasar untuk memanggil bootstrap 
<meta charset="utf-8">
    <meta name="viewport" content="witdh=device-witdh, initial-scale=1">
    <link rel="stylesheet" href="css/bootstrap.css">
    <script src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.1.1/jquery.min.js"></script>
  <script src="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.3.7/js/bootstrap.min.js"></script>
    <style>

Masukkan tag di atas di antara atribut <head> dan </head>

Jika sudah memasukkan tag di atas teman - teman tingal memanggil style nya dengan HTML.

  • Kesimpulan
Dengan adanya bootstrap membuat tampilan website menjadi lebih mudah dan cepat.Lebih jelasnya tunggu di postingan saya yang lain yang akan membahas mengenai bootstrap.

Mungkin pada postingan berikutnya saya akan berbagi tutorial tentang Bootstrap ini.Oke mungkin cukup sekian dulu postingan kali ini sampai jumpa di postingan berikutnya.

  • Referensi
http://w3schools.com/ 

Wassalamualaikum Wr.Wb 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar