Rabu, 26 April 2017

Penulisan Komentar Dalam PHP

Assalamualaikum Wr.Wb


Apa gunanya sebuah komentar dalam sebuah bahasa pemrograman? Komentar di gunakan untuk memberikan sebuah catatan pada sebuah baris bahasa pemrograman sehingga seseorang lebih mudah dalam memberikan identitas akan kode pemrograman yang di tulis.Selain itu misalkan ada sebuah error maka sesorang akan lebih mudah jika ingin meneliti dan mencari kode yang salah karena telah di beri identitas dengan menggunakan komentar.

PHP menyediakan beberapa cara untuk menambahkan komentar yang mirip dengan cara memberikan komentar di bahasa pemrograman lain seperti C, C++ dan Unix Shell.

1. Metode Komenter Unix Shell


Disebut sebagai metode komentar Unix Shell, karena cara memberikan komentar ini berasal dari sistem Unix. Metode ini menggunakan karakter tanda pagar atau hash mark (#). PHP akan mengabaikan seluruh text yang terdapat setelah tanda pagar sampai akhir baris atau tag penutup PHP (mana yang terlebih dahulu didapati).

Karena sifatnya yang hanya mempengaruhi satu baris saja, Metode Komenter Unix Shell efektif digunakan untuk membuat komentar pendek.
    <?php

       $nilai = 2+4 ;   # Letakkan Komentar Di Sini
       echo "$nilai";

    ?>
2. Metode Komenter C++

Metode komentar ini meminjam cara membuat komentar dari bahasa pemrograman C++. Hampir sama dengan metode komentar Unix Shell, metode komentar C++ ini berlaku hanya untuk sebuah baris atau sampai tag penutup PHP, Tetapi kali ini karakter yang digunakan adalah dua kali garis miring (two slashes), yakni “//”.

Karena sifatnya yang sama seperti Unix Shell, semua contoh tanda ‘#’ dapat diganti dengan ‘//’.
    <?php

       $nilai = 2+4 ;   // Letakkan Komentar Di Sini
       echo "$nilai";

    ?>
3. Metode Komentar C

Jika metode komentar Unix Shell dan C++ efektif untuk membuat komentar pendek, untuk membuat komentar yang panjang, PHP meminjamnya dari bahasa C. Metode komentar ini disebut juga tipe komentar blok karena sifatnya yang harus diberikan tanda tutup untuk mengakhiri komentar.

Untuk memulai komentar, kita menuliskan sebuah garis miring dan diikuti dengan tanda bintang (/*). Semua text setelah tanda tersebut akan dianggap sebagai komentar sampai PHP menemukan tanda tutup, yakni karakter bintang dan diikuti dengan garis miring (*/). Metode komentar C ini dapat mencakup beberapa baris.
    <?php


       $nilai = 2+4 ;  
       echo "$nilai";
       /* Dalam bagian ini kita akan membuat
        Letakkan Komentar Di Sini
        */

    ?>
Namun anda perlu berhati-hati untuk tidak membuat blok komentar yang saling bertumpuk, seperti kode berikut:
    <?php
    /*
       $nilai = 2+4 ;   /* Ini adalah komentar */
       echo "$nilai";

    */


    ?>

        
Dalam contoh diatas, PHP akan gagal menjalankan kode program dan menghasilkan error di sebabkan komentar yang saling berhimpitan (overlapping).

Referensi:
http://www.duniailkom.com/cara-penulisan-komentar-dalam-kode-php/


 Wassalamualaikum Wr.Wb
Share:

0 komentar:

Posting Komentar